Kamis, 31 Desember 2020

Tahun 2020

Banyak waktu berlalu, sebagian orang bersumpah serapah, sebagain lainnya mengambil hikmah. Terserah, mana jalan yang dipilih, kita semua tahu kosekuensinya.

Perjalan tahun ini memang tak seindah kisah-kisah romansa yang ada, mungkin lebih cocok menjadi film thriller. Banyak sekali hal mencekam. Virus, kematian, kelaparan, penyakit, perang, fitnah, dan paling menjijikan korupsi. Bisa-bisanya korupsi di tengah kesulitan.

Banyak waktu berlalu, tak sedikit yang digunakan untuk kebaikan atau pun sebaliknya. Sekali lagi terserah, mana jalan yang dipilih, kita sangat paham kosekuensinya.

Orang bilang nilai baik dan buruk itu relatif, tergantung siapa yang bertindak dan siapa yang tertindak. Mereka lupa, bahwa mereka sedang menertawakan diri mereka sendiri, dengan kebodohan yang nyata.

Banyak waktu berlalu, ada yang bosan terdiam sepanjang hari di rumah, ada yang berjuang di ambang maut. Kita semua tahu kosekuensinya, tapi terkadang kita tetap memilih yang buruk.

Apakah kita termasuk orang yang tidak rasional? Atau hawa nafsu memang mengalahkan segala kerasionalan itu?

Tahun ini memang bukan tahun yang indah, tapi di tahun ini hal yang biasa kita lakukan sebelumnya--masa pandemi, menjadi terasa sangat indah dan berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu