Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Menjalani Puasa

  Setelah gue pikir-pikir puasa itu banyak berkahnya. Contoh, di bulan puasa kita bisa menyisihkan banyak uang jajan karena nggak perlu jajan. Contoh lain, di akhir puasa kita dapat yang namanya THR, padahal kita nggak berbuat apapun namun diberi tunjangan. Gimana nggak hebat tuh bulan ramadhan?
  Selain berkah secara materi. Di bulan ramadhan banyak sekali hikmah secara moral, akidah, dan pahala. Kalau melewati bulan ramadhan dengan tergesa-gesa dan penuh hawa nafsu yang membabi buta akan suatu kehidupan didunia maka orang itu akan merugi. Maaf kalau sok bijak, efek nge-posting sambil kelaparan. Gak boleh ngeluh, gak boleh sapi, gak boleeeh.... :"
  Gue sebagai sapi yang cerdas dan seorang, maksud gue seekor sapi yang baik akan memberikan tips ala gue, sapi-man. Tips menjalani puasa. Gue harap sih jangan pada ngikutin, karena ini hanya untuk kepentingan hiburan semata. Jangan banyak galau, jangan banyak ngeluh, ini tips dari gue.

1. Niat
  Jangan lupa niat puasa sebelum kalian menjalankan puasa. Kalau tak ada niat, maka usaha akan menjadi sia-sia.

2. Atur alarm untuk bangun sahur
  Sahur itu penting. Nggak sahur, rasanya kaya nasi goreng tanpa nasi. Gak kenyang. Bagi yang jomblo atau tinggal sendiri, pasanglah alarm untuk bangun sahur. Karena kalian kesepian, sendirian, dan menyedihkan jadi jangan samapai telat sahur ya...

3. Makan secukupnya
  Saat sahur perhatikan makan kalian. Makanlah secukupnya, kalau berlebihan kelak kalian akan merasakan kerugian, kenapa? Nanti makanan buat berbuka puasa kekurangan. Ironis. Jadi makan dengan cukupnya saat sahur maupun berbuka puasa.

4. Jaga... Jaga....
  Jaga mata. Hanya dibulan suci ramadhan orang melakukan ini, diluar bulan ini semua kembali binal. Contoh, doi dibulan puasa gak pernah nonton film aneh-aneh. Di luar bulan puasa nontonnya aneh-aneh. Kaya tendangan si midun... Itu kan aneh.
  Jaga perkataan, karena perkataanmu adalah dirimu yang sesungguhnya. Dibulan yang penuh berkah ini kita harus bisa menjadi jati diri yang mulia. Mengubah kata kasar dari bego menjadi bege gak ada salahnya bukan? Jadi gunakanlah kata yang baik.
  Jaga hati, yang sering galau gue saranin jangan galau terus. Di bulan yang indah ini hati kita harus bersih dan fokus untuk beribadah, kalau galau terus kapan bisa move onnya. *eh. Intinya jalani bulan suci ini dengan hati yang ikhlas dan tulus.
  Jaga uang, selain jaga-jaga sebelum. Jaga uang juga gak kalah penting, di bulan suci ini uang meski tak terlalu berpengaruh tapi bisa menyesatkan, makanya kalau berpergian bawa uang secukupnya agar tak tergiur mampir ke warung tegal, atau masakan nasi padang pinggir jalan yang itu, yang enak. Apalagi ayam panggangnya. Beh, tambah sambal hijau. :D Tahan... Tahan...
  Nah itu yang paling vital bagi anak kecil, jaga rumah perut. Ya gue tahu perut gak akan hilang maka gak perlu di jaga, tapi biasanya hawa nafsu ini selalu menggebu setelah melihat wujud seperti ini :
    Gimana? Nikmat bukan? Tahan kawan tahaan, beberapa jam lagi. Haha... Maka jaga perut atau hawa nafsu.
  Terakhir, jaga diri. Yap, jaga diri kalian agar tak terserang penyakit seperti sekarang gue ini. Uhuk. Lagi sakit. Uhuk, curhat. Haha...

5. Banyak sedekah
  Pada bulan yang penuh lipatan ganda. Jangan lupa kalian bersedekah, kaya ngasih gue uang beberapa juta. Maka pahala kalian akan berlipat ganda di bulan suci ini. Kalian senang karena pahala kalian bertambah, gue pun senang karena unag jajan gue bertambah.
  Terus, kalau ngasih THR jangan pelit-pelit ya, buat ponakan paling kecil yang kemarin baru lahir, kasih beberapa juta juga gak apa-apa kok. Kalau dia gak nerima, buat gue juga gak apa-apa kok. Siap menampung.  *mata genit*

6. Beribadah
  Ini sudah pasti, berbanyaklah beribadah di bulan yang penuh berkah ini. Gak ada ruginya kok, membantu orang tua juga ibadah. Hebatnya di bulan suci ini TIDUR pun ibadah. *Brb Tidur* ngroooook....

  Ya, mungkin itu saja tips yang gak penting sih dari gue a.k.a Sapi-Man hewan paling kece ini. Gue juga ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin ya. Semoga kita sama-sama melewati puasa tahun kali ini dengan ikhlas dan penuh berkah. Jangan lupa THR sama sedekahnya kirim ke rekening gue ok. Bye. ;;)

3 komentar:

  1. prook..prook..prook
    ka hilmy ajarannya bagus bener
    sangking bagusnya???

    BalasHapus
  2. haha. kenapa tepuk tangan?
    weits pasti B-) *buangmuka*

    BalasHapus

komentar bagi yang perlu