Selasa, 07 Juni 2011

Ngeblog ?

  Setelah gue ngeblog akhirnya gue menemukan alasan gue ngeblog. Walau menurut gue ngeblog itu lumayan rumid, dan paling susah untuk promosiin agar banyak yang view. Itu wajar, Kita harus ngebuat blog kita semenarik mungkin agar banyak pengunjungnnya. Dan gue lagi berusaha seperti itu. Alasan gue ngeblog itu banyak.
  1. Tempat curhat atau pengalaman gue, tapi bukan tentang cinta. Itu ngebosenin bagi gue. Ya walau lumayan menarik seh, gini-gini gue juga pernah ngerasain cinta tapi bukan sesama jenis ye.
  2. Tempat tampung ide-ide gue yang nggak bisa gue publikasikan, Gue ga jauh sama blogger lain yang ceritanya gagal di terbitin dan akhirnya ia publikasikan sendiri di blog. Itu gue banget, gue pernah buat cerita dan hasilnya nothing. Dan bagi gue pas gue baca cerita itu, ceritanya katro banget. Cerita khayal bocah ingusan.
  3. Memperkenalkan dunia tentang keberadaan manusia sapi, nah ini sangat penting. Gue kira sapi yang tiap tahunnya di potong terus nanti suatu saat bakal punah. Makanya gue mengingatkan manusia dengan keberadaan sapi yang sangat penting. Jadi tolong, ternak lah sapi sebanyak mungkin.
  4. Menghibur, iya ini yang gue usahain. Gue bikin blog untuk menghibur temen-temen gue tentang cerita bodoh yang pernah gue alami. Iya walau nggak gokil banget, kaya orang nyium jempol kakinya gitu. Tapi setidaknya ini real, bener-bener cerita yang gue alami tanpa rekayasa, tanpa sekrip. 100 hari di rumah tanpa alat elektronik (dikira apaan?).
  5. Rasa kaya punya web sendiri, ini yang gue idamkan dulu. Punya web sendiri. Dan setelah gue makai blog gue merasa ini web gue, yang ngelola gue, yang nulis gue, yang baca juga GUE!!!. Afuh, dulu gue sempet bikin multiply, tapi dulu gue nggak ngerti yang namanya ngeblog. Taunya cuman komentaran, fb-an, freindsteran, dan ngupil di waktu luang.
  Itu alasan gue, apa alasan lo? haha... Selain kenapa alasan gue ngeblog, di post ini gue pengen berpendapat kenapa orang jarang ngeblog. Menurut gue ini yang jadi kendala orang-orang pemula, apalagi yang baru kenal dunia maya. Berikut menurut gue yang bikin orang malas ngeblog.
  1. Bikin akun blognya rumit. Itu yang pertama kali gue alami ketika gue baru dikenalin blog sama sahabat gue dika. Ya, emang nggak rumit banget setalah di jalani. Ini cuman masalah email doang.
  2. Nggak ngerti code HTML. Ini juga kendala orang awam, jadi bingung sendiri untuk ngedesain blog, menurut gue nggak perlu ngerti-ngerti tentang code HTML. Dimana kalau kita bisa tinggal ngambil template, widget-widgetnya ke mbah google.
  3. Bingung mau posting apa, ini yang sering gue alami pada diri gue sendiri dan temen-temen gue yang baru terkena virus sapiers untuk ngeblog. Mereka tertarik pas lihat blog gue, mereka mau bikin, tapi mereka bingung mau posting apa, Mereka nanya gue, ya gue bingung. Bahan posting emang sulit di cari. Tapi tergantung tema blog tentang apa.
  4. Nggak sering online, ini termasuk uang bikin kendala. Dimana sang blogger jarang online, dimana blog tidak seperti situs jejaring sosial yang cuman ngomentar, di blog kita yang membuat topik. Dan jarang yang komentar, kaya blog gue ini. T.T . Akibat itu blog cuman di pakai di awal bikin, selanjutnya lupa sudah. Gue juga pernah ngalamin.
  5. Susah promosiinnya, masalah ini dari dulu sampai sekarang masih gue alami. Dimana susah banget untuk promosiin blog gue, Gue nyoba promosiin di berbagai jaring sosial, di berbagai tempat, di berbagai moment. Sampai orang ketika gue ngomong pasti di anggap mau promosiin. Ya itu kerja keras gue sekarang.
  6. Bosen, dan ini yang biasa terjadi. Bosen karena jarang pengunjung, jarang pembaca, jarang yang komentar. Itu nyaris gue alami, tapi gue bersih kukuh untuk selalu update buat para pembaca setia gue. (emang siapa?) T__________T.
  Ya itulah alasan malas bikin blog atau ngeblog. Menurut gue itu lho. Hehe. Dan sekarang menurut gue lagi, tema blog yang pernah gue temui. Nggak banyak seh yang gue tau. Tapi gue kasih seadannya aja.
  1. Penghibur, ini tema yang diambil gue dan berbagai banyak blogger lainnya.
  2. Ilmu pengetahuan, contoh kaya cara membuat cursor dengan gambar. Gue juga ngambil cara dari situ, jadi itu cukup penting.
  3. Dagang, ini juga banyak, dan gue juga sedikit berdagang di blog gue. Orang usaha, maklumin aje.
  4. Nyari uang, kalau tema ini biasanya blog ilmu pengetahuan juga namun di pasang iklan-iklan atau di masukan ke sistem paypal dsb, gue nggak ngerti yang lebih lanjut. Jadi kalo ada salah kata maafkan saya. Huhuhu..
  5. Curhat atau berbagi pengalaman. Ini juga kaya gue.
  6. Nyimpen gambar atau data, itu juga kaya gue tapi kalo data, nggak tau deh.
  7. Dijadiin website, itu juga banyak dengan modal utama blog di jadikan website, terkadang ada yang jadi website pendidikan, bahakan yang aneh-aneh. Anehnya bukan kaya website sapi lagi ngeblog. Itu nggak aneh!!! Tapi mustahil.
  8. Tempat cheat, ini nggak jauh beda kaya ilmu pengetahuan, ya tapi ini bersifat legal. Alias merusak suasana para gamers, gue juga emosi dengan adanya cheat, gue main game jadi kalah mulu, bagi-bagi ngapa cheatnya!!! Huh...
  Itu mungkin yang gue tau, gue masih harus belajar banyak lagi untuk UAS nanti ngeblog. Blog inspirasi gue yaitu, yang sudah tidak lazim di telinga atau di mata para blogger Raditya Dika dan BenaKribo. Mereka menginspirasi gue, Gue pengen kaya radith dari hasil sharing pengalaman, eh blog gue di bukuin. Atau kaya bena, sebagai penghibur dunia ariel maya.
  Sekarang blog gue udah nyaris terkenal di kalangan guru, dua guru yang kenal gue (semuanya kenal yang paling nge'eh keberadaan gue) memanggil gue sapiman, ya sedikit canggung tapi setidaknya blog gue udah dilihat oleh mereka, dan membaca buah tangan gue. Walau gak semuanya, semoga tidak ada pihak yang tersinggung di blog gue. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu