Rabu, 27 November 2013

Begini Aku Tidur

"Pejamkan mata saja, maka kau akan terlelap dengan sendirinya."

  Percayalah tak semudah yang dikira. Tidur juga terkadang membuatku menjadi gila. Bagiaman tidak? Sering kalu aku frustasi hanya karena aku kesulitan untuk tidur. Walau sudah beribu kali aku memejamkan mata. Tapi, hasilnya masihlah sama.

  Aku sering kali terjaga hingga larut malam, bahkan tak jarang aku terjaga hingga pagi menjemput. Aku sudah melakukan banyak cara, hanya untuk terlelap. Terkadang aku mencoba seraya mendengarkan musik. Aku hanya semakin asyik dan terus terjaga.

  Aku pikir cara itu tak terlalu ampuh, aku mencoba dengan cara lain. Seperti membuat tubuhku rileks. Aku sering kali melakukan beberapa gerakan untuk merilekskan tubuhku. Hasilnya tubuhku rileks tapi aku tak pula terlelap.

  Orang bilang jika kamu lelah, maka kamu dengan mudah akan terlelap. Aku sering kali lelah, tapi aku masih dapat terjaga. Satu musuh beratku sebenarnya kala aku mau terlelap tidur adalah Gadget, ya, percaya atau tidak gadget sering kali menyita waktu tidurku.

  Terkadang aku berpikir, aku menghabiskan waktu dengan gadgetku hanya melakukan hal yang padahal sudah kupikir tidak terlalu berguna. Bahkan bisa dibilang membuang waktu. Sosial media telah meracuni otakku. Aku bermain gadget, terkadang mencoba agar aku lelah dan terlelap tidur.

  Tapi itu kesalahan besar. Aku semakin keasyikan bahkan lupa untuk terlelap tidur. Pernah aku meletakan jauh gadgetku dan mencoba terlelap. Hasilnya tak memuaskan. Aku bahkan hanya menggeliat di kasur berjam-jam.

  Insomnia, penyakit ini terkadang membantumu--saat kamu banyak pekerjaan dan memaksamu lembur. Tapi, satu sisi lainnya. Insomnia bisa membuatmu menjadi gila. Apalagi saat kamu berpikir kamu perlu istirahat dan kamu ingin memaksimalkan waktu istirahatmu dengan tidur.

  Tak jarang pula mata ini menjadi mata 'panda' begitulah orang-orang bilang pada seseorang yang kekurangan tidur dan kantung matanya begitu tebal serta gelap. Jika aku melihat bapak presiden, aku pikir dia sering kali insomnia.

  Hey, bukan maksudku menyindirnya. Lihatlah mata serta kantung matanya. Bapak presiden kita terlalu lelah, entah memikirkan apa. Kupikir tak mungkin ia jarang tidur karena keasyikan bermain dengan gadget hingga pagi menjemput.

  Sampai suatu saat aku benar-benar mengerti cara terlelap. Bagaimana? Cobalah kalian membaca. Aku sering sekali mempraktikannya. Aku membaca ketika aku kesulitan tidur. Hasilnya memuaskan. Aku terlelap! Sebuah keajaiban bukan?

  Kata-kata yang panjang dan membosankan itu dapat membuatku tertidur. Bahkan tidur siang sekali pun. Aku memang bukan pria yang dengan mudah untuk terlelap. Tapi, aku pikir aku sudah dapat menyudahi permasalahan ini.

  Jika kalian kesulitan tertidur, maka bacalah sesuatu. Semoga cara ini ampuh. Atau mungkin semakin terpacu dalam membaca dan keasyikan sehingga lupa tidur? Tapi, jika kamu merasa lelah sedikit saja. Cara ini pasti manjur. Jika tidak, berarti kamu harus menjadi satpam. Percayalah, kamu terjaga hingga pagi pun tak rugi. Kamu mendapatkan bayaran bukan?

  Aku hanya membual. Cara paling ekstrim menurutku adalah meminum obat tidur. Pernah aku mencobanya, dan kalian tahu? Tubuhku seperti terkulai terus sepanjang hari. Tak bisa diajak untuk bangkit. Mungkin aku bisa dibilang telah melakukan hibernasi saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu