Selasa, 13 September 2011

ASAMBEL Dan KACENGAN

  Pagi ini gue nggak telat atau ketinggalan bis jemputa (sama saja), bahkan gue ngasih tau supir baru menuju tempat biasa ini jemputan ngetem.Gue pun berangkat dengan normal, tanpa ojek-ojekkan atau lolipop! Gue duduk nyantai di bis sambail mainin hape gue, liatin jalan, liatin para karyawan yang ribed pas masuk ternyata udah penuh, gue sebagai anak pkl aturan berdiri pas ada karyawan tapi karena gue merasa setara dengan mereka gue pun duduk dengan tenang. Setara? Ya! Entah kenapa gue merasa setara sama karyawan, bahkan kata gue, gue dan anak pkl yang lain itu lebih tinggi dari karyawan.
  Ada berbagai alasan kenapa gue bilang begitu, walau sebenarnya nggak logis tapi rada bener namun tergantung liat di segi mana. Pertama, kerja anak pkl sama karyawan nyaris sama, bahkan sama, bahkan juga temen gue lebih parah jadi kulinya. Kedua, waktu pulang sama, over time sama, long shift juga sama. Ketiga, Gajih yang membedakan, padahal kedua itu sama namun gajih anak pkl seperempat doang paling dibanding karyawan, mengenaskan kuli-kuli ini (turut prihatin). Keempat, sama-sama naik jemputan, sama-sama makan siang dan malam, sama-sama punya kaki, tangan, hidung, rambut, dan kelamin. Kesimpulannya adalah anak pkl dan karyawan sama-sama manusia. :D

  Gue kembali menjadi seorang yang doyan dengan pedas, ASAMBEL. Pekerjaan gue yang memboringkan, melelahkan, membuat tangan beset, dan jempol berotot ini masih gue tekuni. Gue bener-bener di suruh lebih cepat, tapi gimana mau cepet gue sendirian! Pleas, ngertiin gue kek. Gue juga punya perasaan! Lu kira gue cowok apaan di giniin sama lo!? Lo mau putuss!? Putuss!! (ngehang abis nguli). Gue pun kerja seperti biasa sampai tengah hari. Semenjak gue nguli begini gue menjadi merasa arti pendidikan itu penting, makan juga, waktu, tenaga, keahlian, makan, minum, pipis, pup, tidur, sosialisasi, duit, dan nge-update blog itu penting. Betapa susahnya menjadi seorang pekerja (kuli pabrik) ternyata, tapi gue masih bete sama keadaan ini. Gue merasa pelajaran yang gue ambil dan peroleh di sekolah bener-bener nggak berfungsi, paling pelajaran olah raga doang. Kaya olah raga dorong trolly, masukin ac-cord, dorong main set, dsb.
  Ada suatu adegan dimana ngebuat gue dilema antara jijik atau atraksi? Pas gue lagi makan, di hadapan gue ada lelaku berambut jarang (model kini) , dia lagi asik tuh makan semangka di hadapan gue yang lagi makan nasi. Tiba-tiba ada biji semangka masuk ke piring alumnium gue, gue pun ilfeel. Ini bekas ludahan? Atau di lempar? Atau dimakan terus dikeluarin terus dilempar? Gue gak tau, gue pun menyingkirkannya dengan rasa yang enek. Orangnya makan dengan santai kaya nggak punya dosa dan langsung pergi dari hadapan gue. gue harap itu biji semangka ada di pring gue karena ulah kutu orang itu, jadi bukan ludahan. amiiiin.
  Pas dzuhur, gue pun melancong ke masjid. Ternyata eh ternyata, temen gue si deni menjadi bincangan para karyawan. Dia sering di omongin dan mungkin menjadi TT di perusahaan itu kali ya. Banyak yang heran dengan deni yang berbadan bantet, sipit, pipi gembul, bahkan leader gue manggilnya bayi tabung (parah-parah). Gue nggak pernah tau deni waktu bayi adalah sebuah tabung? Tabung 12kg kali ya? Banyak cewek-cewek yang nanya, "Namanya siapa? Ini bener anak PKL?" gue langsung down kalau ditanya begitu. Itu sama saja penghinaan secara tidak langsung men. Kalau gue nggak benci si deni udah gue mintain nomer hapenya tuh para cecewek.
  Gue pun masuk lagi dan kembali kedapatan over time, Gue masuk telat dan kena ocehan oleh leader line gue. Good banget sumpah, gue berasa anak berandal di situ. Padahal akyukan anak baik-baik yang kalau nulis smsnya G4L4U. Gue pun kerja keras ngejar target, sampai akhirnya gue di beritahu oleh leader gue bahwa gue pulang setelah over time yaitu, jam setengah tujuh. Pekerjaan tuntas, target tercapai, gue nganggur, pas bel gue bergegas mau balik sampai akhirnya gue bertemu andhika. Dia nanya ke gue kapan pulangnya? Gue bilang sekarang, tapi dia bilang jam delapan. Oke, gue mamastikan tanya leader line gue. Kata leader line gue sekarang, gue udah gembira, gue langsung salim aja tuh. Akhirnya leader line gue nelpon leader gue sebelum gue beranjak pergi, dan keputusan gue pulang jam 8. Gue bener-bener ngenes, bukan karena jam 8. Tapi, gara-gara udah salim udah ngomong pulang dulu taunya di undur.
  Setelah istirahat gue masuk, gue tiba-tiba di moop sama alumni gue yang orangnya bener nyolot, gue datang pasa telat tuh. Gue di bilangin telat mulu, gue senyum aja, eh dia malah sensei sama gue. Atau mungkin dia iri liat senyuman gue yang waw. Sampai di line gue, gue pun nganggur abis! Gue bener-bener labil, tau gini gue pulang aja. Pas gue tanya andhika, "Dik, si sartika sama wulan dimana?" Eh dia jawab udah pada balik. NYEEEESSS, tau begitu kenapa gue nggak balik aja. Gue diem aja, sampai akhirnya gue kena cengan sama karyawan satu line gue.
  Mereka bilang yang masang ac-cordnya ngaretlah, lamalah, nggak benerlah, gantenglah, dan lain-lain pokoknya JLEB banget di jiwa. Gue cuek aja yakan, abisnya gue nggak ada yang bantu, gue malah di sindir sama karyawan cewek satu line yang ngecengin gue sebelumnya. "Yang PKL bantu dong!" gue diem aja, gue asik bbm-an aja. Emang gue pikirin, tugas gue udah selesai WOY!
  Akhirnya gue pun pulang, untung ada yang anterin gue sampai tempat penitipan motor. Gue pulang dengan selamat, Alhamdulilah yaaah. Sumaph apapuun dedemit! Gue jijik! Eh,, hari ini itu banyak banget yang bikin gue betek kaya ketek bengek. Mau mereka itu semua apa hah? (baca: yang dimaksud kecuali leader-leader) Gue tahu gue salah, tapi gue kan anak PKL kk. -_______________-" bye...

1 komentar:

komentar bagi yang perlu