Sabtu, 17 November 2018

Penjelajah Waktu dan Tempat

Mengingat lagu dan kenangannya.

Jika dokter Murphy (tokoh good doctor) bisa mengingat kenangan lewat aroma, aku bisa mengingat kenangan lewat lagu-lagu. Setiap lagu lama yang didengar selalu terlintas ingatan-ingatan di masa itu. Seperti terbangan ke masa lalu, menatap setiap detil yang terjadi, ada tawa atau canda tak sedikit sedih dan keindahan di masanya.

Selain itu, tentu saja tempat. Setiap aku ke tempat yang pernah aku jumpai, aku selalu tenggelam ke dalam memori-memori lama.

Aku bertanya ke Mas Salingga. "Apa hal paling berkesan sama istri yang buat mengingatnya penuh haru?" Pertanyaan itu terbit setelah mendengar kisah pembuktian cinta seseorang suami ke istrinya (cielah), tapi kisah itu memang luar biasa pengorbanannya.

Mas Salingga menjawab. "Gue tuh orangnya melankolis, jadi setiap hal tuh berharga banget bagi gue, selalu terkenang terus."

Aku tersenyum senang. "Aku juga, pria melankolis!" Sahutku bahagia.

Sekarang aku tahu kenapa aku bisa membicarakan hal tidak penting dengan Mas Salingga, karena kita selalu merasakan hal kecil itu begitu penting. Setidaknya bagi kita. Atau mungkin ini benakku saja? Ah biarlah.

Dan setiap kenangan itu, akan selalu terekam, baik dari apa yang dilihat, didengar, dihirup, ditawai, atau ditangisi sekalipun. Semua ini berbekas untukku.

Aku bisa menjelajah waktu dan tempat dimana serta kapanpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu