Sabtu, 10 November 2018

Stres

Mulut bisa berbohong, tapi badan tidak.

Rasanya sering banget nulis kata-kata diatas, tapi  memang begitu adanya. Terkadang kita berusaha semua baik-baik saja, tapi gejala-gejala pada badan tidak menyatakan seperti itu. Seperti hari ini, entah kenapa kambuh lagi badan pegal-pegal dan bawaannya ingin buang air kecil terus, intinya tidak tenang sekali hidup tuh.

Hal serupa sering terjadi ketika mengerjakan pekerjaan yang butuh kedetailan dan ketelitian, makanya aku paling anti mengerjakan hal yang perlu ngecek berulang-ulang, aku bisa mendapatkan gejala seperti diatas dan tidak tenang sekali. Hal sederhananya saja waktu ujian yang menggunakan ljk lalu dibulatkan dengan pensil, saat-saat ngisi di nomor-nomor terakhir, badan kambuh dan rasanya tidak tenang sekali. Terkadang aku sampai mengakalinnya dengan mengerjakan duluan nomor-nomor belakangan.

Selain pekerjaan yang perlu detail, gejala ini juga sering hadir ketika mau tidur hingga menyebabkan insomnia, aku benar-benar tidak bisa tidur, badan sangat-sangat tidak nyaman. Aku pun belum tahu apa penyebab seperti itu, singkat cerita aku menyimpulkan itu kondisi aku sedang stres.

Biasanya ketika terjadi itu, aku seperti sedang tegang sekali, rasanya badan pegel-pegel kaku hingga akhirnya aku olahraga atau minta dipijitin agar badan rasanya rileks, dan terakhir biasanya minum air hangat. Semua itu terkadang berhasil ketika rileks, terkadang juga tidak terjadi apa-apa.

Mencoba googling pun bingung keywordnya apa. Atau mungkin aku harus tes darah untuk memastikan tidak ada penyakit yang mengakibatkan hal-hal diatas? Entahlah. Aku seperti tidak bisa bernapas saat itu, rasanya ingin meledak tak karuan.

Rasa gelisah, semua menjadi serba salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu