Minggu, 24 Maret 2019

Sabar Ya

Belakangan ini aku merasa lelah, bukan, bukan maksud menyerah akan apa-apa yang telah diperjuangkan. Tapi, rasanya lelah saja. Rasanya seperti, bolehkah aku istirahat sebentar? Setidaknya untuk merebahkan tubuhku ke hamparan rerumputan seraya menatap langit-langit yang sedikit tertutup pepohonan rindang, yang anginnya sepoi-sepoi menenangkan.

Belakangan ini aku merasa mulai kewalahan, rasanya terlalu banyak yang harus kulakukan dan juga kupikirkan. Sampai-sampai, aku berhenti sejenak, dan lebih banyak merenungkan. Namun, rupanya semua-semua yang membuatku kewalahan itu tidak tinggal diam, semua-semua itu masih menghantui.

Bolehkah aku sedikit keluar dari apa yang ku jalani berhari-hari tiada henti? Seperti tamasya bersama orang-orang yang kucintai, entah ke pantai atau pun gunung. Entah menatap deburan ombak atau juntaian ribuan bintang.

Bahkan, untuk terlelap saja aku ragu. Seperti... apakah aku sudah layak untuk terlelap sekarang? Untuk menikmati malamku sekarang? Bukankah masih banyak semua-semua itu? Tapi, pada akhirnya aku terjatuh dalam lelapku. Tubuhku tak bisa berbohong kalau aku sudah mencapai batas.

Jadi, bisakah aku sedikit tenang sekarang? Tak perlu memedulikan atau memikirkan banyak hal.

Rupanya, ketika dewasa, bisa tidur siang saja itu adalah harga yang sangat berharga. Ketika dewasa, bisa bertemu teman-teman yang ingin ditemui saja rasanya seperti pencapaian terbaik. Ketika dewasa, bisa tidak memikirkan hal-hal besar rasanya seperti sedang liburan sekolah.

Mungkin, memang aku yang harus perlahan menyelesaikannya. Dengan sabar dan syukur. Dengan sabar dan syukur. Dan sekali lagi, dengan sabar dan syukur.

Sabar kalau semuanya belum memberikan senyuman yang amat berarti, kalau semuanya masih sangat merumitkan, kalau semuanya masih terlihat sebuah masalah.

Bersyukur, karena ada janji manis di setiap perjuangan-perjuangan itu. Sabar ya, mungkin dikit lagi fajar datang, dan langit-langit menjadi terang benderang. Menyenangkan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu