Selasa, 18 Desember 2018

Mencoba Bersyukur

Terkadang mikir, bisa nggak sih diriku ini bersyukur tanpa harus membandingkan lebih dulu?

Nggak jarang diriku baru bisa bersyukur ketika melihat hal yang tidak lebih baik dari kehidupanku. Tidak sedikit baru sadar untuk bersyukur saat aku merasa hidupku tidaklah lebih buruk dari orang lain. Dan sering sekali baru bersyukur ketika melihat diriku lebih beruntung daripada orang-orang.

Bisa tidak aku bersyukur karena memang aku mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan tanpa harus melihat sekeliling dahulu? Bisa tidak rasa syukur itu tumbuh begitu natural? Walau tidak bisa dipungkiri melihat kehidupan sekitar membuat kita merasa sangat harus bersyukur.

Bisa tidak aku berhenti mengeluh setiap ada kejadian? Dan berpikir ini sebenarnya nikmat Allah yang diberikan dengan cara lain. Bisa saja hal yang membuat kita sedih adalah nikmat sedih yang sebagai manusia perlu kita rasakan agar tahu begitu nikmatnya ketika bahagia. Bisa saja hal yang membuat kita kecewa adalah nikmat kekecewaan dimana ketika kita mendapatkan nikmat sebaliknya sangatlah luar biasa rasanya.

Bukankah semua ketetapan ini adalah kehendak Allah? Lantas kenapa aku sering sekali tidak rela dan merasa menyesal? Padahal di depan masih banyak harapan-harapan yang perlu diperjuangkan, dan masa lalu adalah buah harapan yang patut disyukuri walau hasilnya mengecewakan atau seburuk lainnya.

Jadi, kucoba untuk mensyukuri pagi ini, mendapati semua apa yang ada pagi ini. Terima kasih ya Allah atas segala nikmat yang Engkau berikan pagi ini.

Selamat pagi, dan selamat menjalankan aktivitas semua. Bismillah.

7 komentar:

  1. My friend try this exercise to increase her grateful:write every single thing to be thankful for before sleep. Maybe you can try~ fighting!

    BalasHapus
  2. but I never planned to sleep, i just fell asleep.

    Thank you for the advice, and I saw that in your blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. My dad always ask me to plan a sleep. Not fell a sleep alias ketiduran. Tapi emg kalo lagi berantakan dan kacau emg susah sih di akuu. Cuma emang enak suh kalo istirahat di plan itu. Beda ama ketiduran rasanya

      Hapus
  3. Nanya "kapan tidur?" ya? haha. Tapi entah kenapa bagiku enakan ketiduran, rasanya nikmat banget setelah lelah banget terus dipaksa istirahat oleh tubuh. Cuman kalau direncanain juga enak sih, mungkin karena waktunya kalau di rencanain itu pasti pas buat kesehatan tubuh jadi rasanya enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ask nya bukan nanya. Lebih ke minta buat tidur itu direncanain, bukan ketiduran. Ga dehat kalo ketiduran tu katanya dan jd ga diniatin mau bangun kapan~

      Hapus
  4. iya sih bener juga, jadi bahas ke kesehatan ya tapi nice info fit

    BalasHapus

komentar bagi yang perlu