Sabtu, 12 Maret 2011

UTS (Ulangan Tingkat Sulit)

  Hari ini, hari yang cukup panas seperti kuda binas yang sangat ganas. Siang ini gue harus masuk sekolah yang nggak seperti jadwal biasanya, tapi kalo masuk siang gue jadi bisa mandikan. Kalo pagi mandi juga leh, jangan ngira gue nggak pernah mandi kalo masuk pagi! Menuju sekolah dengan tujuan mulia untuk melaksanakan UTS (ulangan tengah semester) yang lagi gencar-gencar di lakukan di setiap sekolah pada pertengahan semester ini. UTS bertujuan untuk menguji kemampuan siswa pada pertengahan semester katanya seh begitu, tapi bagi gue bukan itu tujuannya. Bagi gue UTS itu di adakan untuk menyuruh murid yang belum bayaran untuk bayaran. Why? karena, bagi siswa yang belum bayaran nggak bisa UTS. Padahal nilai UTS cukup penting. Jadi pada harus bayaran deh. Bagi yang belum bayaran terpaksa harus hengkang dari bangku sekolah ke bangku penonton (lho?).
  Pada siang bolong ini anak-anak ribut pada kepanasan, pada belum mandi yak? Untung gue udah mandi jadi tetep kepanasan juga. Pengawas pun masuk ke ruang gue. Sebut saja pengawasnya Pak Rio, biasa di panggil om Rio. Orangnya cool, bukan tocool (dibaca: tukul), dan sedikit sangar. Semua perasaan udah was-was dan takut untuk menyontek. Tapi siapa bilang? Temen gue si ahli nge-betak yaitu Tuti sudah memasang senjata-senjata ampuhnya terlebih dahulu, gerhanat, nuklir, C4 udah di pasang semua (perang kali!). Oke, pelajaran pertama di mulai, yaitu Kimia.
  Banyak orang membenci pelajaran ini karena sedikit sulit. Bagi gue seh ini belum seberapa dibanding pelajaran bahasa sunda. Makulmin aja gue orang Jakarta, belajar bahasa sunda. Nggak enaknya sekolah di daerah begini. Kalau pelajaran bahasa sunda bisa mati kutu gue, tapi bagus deh rambut gue jadi nggak gatel-gatel lagi (karena kutunya udah pada matikan).
  Kertas soal belum di bagikan, namun masalah udah datang aja. Temen gue yang autis (Dhieta) ngelempar buku ke depan, makusdnya seh ke arah tas yang berada di depan. Namun kehendak berkata lain bukunya malah nyaris mampir ke tangan om Rio, untungnya nggak kena. Tapi amarah pun diluncurkan om Rio, anak autis itu maju ke dekat om Rio dan berkata “Maap pak maap, maksud saya bukan begitu, tadi saya mau blablablabla…” ngomonya cepet banget dan bikin gue sama yang lain ketawa-ketiwi.
  Om Rio pun menyahut “Keluar kamu keluar! Nggak usah ikut Ulangan!” tegas om Rio dengan suara kencang. Suasana semakin mencekam. Anak autis itu keluar, dan kertas soal maupun lembar jawaban di bagikan.
  Dengan senjata pulpen gue menulis jawaban-jawaban.  Namun, tidak semulus yang gue kira, gue terpaksa harus melirik-lirik ke belakang. Untungnya di belakang gue orang pinter. Tapi, ketika gue nengok ke belakang om rio berkata “Udah selesai?” gue diem ngicep. Ketahuan deh.
  So, itu nggak ngebuat gue jera. Begitu pula yang lain, ketika om Rio keluar semua menengok-nengok.
  “Wah panjang lehernya!” tegor om Rio datang dari pintu ruangan.
  “Kaget pak.” Sahut temen gue kaget yang terpergok nyontek.
  “Ngapain kamu? Nyontek?” tanya om Rio sewot.
  “Nggak.” Sahut temen gue.
  “Ngeliat?” Pak Rio tersenyum kecut.
  “Nggak pak, cuman nanya aja…” Buset… Jujur banget tuh anak, semua ketawa ngedengernya. Om Rio pun tersenyum dan tertawa.
  Ketegangan kembali lagi memuncak. Gue lagi kebingungan dan asik nyoret-nyoret meja, kaya bocah autis juga gue ngelakuin hal itu. Padahal soal masih banyak yang belum gue isi, gue udah nyantai aja.
  Temen sebrang gue nengok ke gue, dan nanya ke gue. “Mi nomor 8 dong?” Gue liat-liat kondisi, aman , gue pun menengok.
  “Gol 1A = Alkali.” Ucap gue dengan sedikit cepet, takut ketahuan. Pas gue ngeliat temen gue nulis, bukannya alkali tapi malah “Ax.” X yang dalam matematika berarti kali. Temen gue pinter banget sumpah, gue ngakak sendiri.
  “Itu salah pele, ALKALI,” ucap gue mengeja. “Bukannya A sama X (dibaca: kali)” temen gue senyum mlongo dan kebegoan. Gue makluminlah namanya orang nyontek, pasti nggak tahu apa-apakan, sama kaya gue sih itu juga hasil nyontek dari belakang.
  “Oh… Terus mi!” tanya temen gue lagi.
  “Yang bawah, alkali tanah.” Ucap gue dengan pelan-pelan. Pas gue liat lagi, astagfirullah, begonya nggak ilang-ilang. Dia malah nulis di sebelahnya yang tadi, dah gitu nulisnya “Alkali X(dibaca: kali) tanah.” Ya ampun. Bisa stress gue ngasih jawaban sama orang yang nggak mudeng-mudeng.
  “Itu salah, aduh… Alkali Tanah, bukan kaya gitu.” Ucap gue sewot dan kesel. Gue sama temen sebangku gue udahsemakin  ketawa aja ngeliat kelakuan temen gue itu.
   Udah kejadian itu, tiba-tiba om rio nanya ke gue sama temen gue. “Yang belum nomor berapa?” gue dengan polosnya dan temen gue juga jawab “Nomor 9 pak.”
  “Siapa namanya?” tanya om Rio ke gue.
  “Hilmy.” Ucap gue. “Haris.” Sambung temen sebangku gue. Tiba-tiba om Rio nyatet di absen. Gue kira mau di kasih jawabannya, pikiran gue terlalu dangkal emang. Banjir di Jakarta aja kaga dangkal-dangkal amat (apa nyambungnya?). Oh tidak, nama gue di tandai. Tapi bukan gue ama temen sebangku gue doang. Nyaris semuanya di tanya. “Haaah…” gue pasrah aja dah.
  Sebelum om Rio keluar, ada kejadian lagi. Sang ahli nge-betak, ketahuan melirik-lirik. Dia pun di suruh om Rio pindah duduknya. So, dia pindah dan buku yang dia bawa dan ditaruh di roknya dia, dijatuhkan saat dia pindah. Nampaknya dia tidak ketahuan, emang-emang bener ahli. Namun sepandai-pandainya tupa melompat pasti make kaki jugakan, ketika dia jalan, Kertas-kertas ulangan dia terjatuh. Dan itu sesuai pelajaran sekarang akhirnya Ketahuan deh, so ,ditulislah namanya di daftar hitam, merah, kuning, hijau di langit yang biru.
  Semua ketawa ngeliat sang ahli nyontek, eh ketahuan. Setelah om Rio keluar, dateng lah guru perempuan untuk ngawas kami sekarang. Orangnya seh biasa aja, tapi pelajaran yang ia awas luar biasa. Pelajaran paling menakutkan. Bahasa Sunda. Gue bengong dan melongo. Satu pun nggak gue jawab. Terpaksa gue menyontek, hal hasil gue kepergok. Dan gue sempet di katain orang batak. Sial, dia bilang “Orang batak belajara bahasa sunda, mana bisalah.” Gue diem aja, senyum kesel dan tidak lupa garuk-garuk kepala ngecek sapa tau aja kutu-kutu udah mati, soalnya bahasa sunda.
   Udah gitu, nama gue di sangka nama batak. Gue nggak bisa ngapa-ngapain, akhirnya gue mencontek. Dan Selesai. Habis itu bahasa Jepang. Gue suka pelajaran ini, namun kali ini terlihat sulit. Saking sukanya gue bahasa jepang, sampai-sampai guru bahasa jepang di bilang emak gue, gue seh baisa aja tapi kasihan guru bahasa jepangnya punya anak kaya gue mungkin gue langsung di lempar ke jepang terus di terjang tsunami eh terbawa sampe luar angkasa (mengkhayal). Dah gitu pengawasnya bilang gini “Kalo bahasa jepang neh baru tanya sama Hilmy. Dulu dia orang jepang, tapi sekarang orang batak.” Enak banget ganti-ganti asal-usul gue. Dari jepang ke batak. Untung di jepangnya dulu, kalo sekarang udah kebawa tsunami beneran kali gue. So, tidak lepas dengan menyontek akhirnya semua UTS hari ini selesai dengan tidak sempurna dan sangat melelahkan.
  Oh iya, pas pelajaran Bahasa Jepang, si tuti ahli nge-betak ketahuan lagi. Pas semuanya di suruh berdiri, tet.tenet.tenett… Buku bahasa jepang terlihat di atas kursinya. Jadi selama ini dia menaruh buku di pantatnya. Emang pro nge-betak. Tapi mungkin dia akan lebih mencari jurus-jurus handal agar nggak ketahuan, bukannya insyaf…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu