Senin, 14 Januari 2019

Pernikahan

Hari ini, Azmi ngechat di steam (platform gaming), aku membalasnya dan kita membahas kehidupan masing-masing secara singkat, lalu aku dikejutkan oleh berita pernikahan temenku. Sebut saja temanku yang menikah itu Ayu. Aku benar-benar terkejut si Ayu sudah menikah, tak ada omongan atau apapun sebelumnya, dan di IG nya pun tidak ada foto pernikahannya.

Azmi mengirim foto pernikahan si Ayu, dan ternyata dengan Mas Ari (sebut saja Ari). Mas Ari ini salah satu asisten praktikum favoritku, dia selalu bantu kalau aku kesusahan, bisa diajak diskusi, dan selalu memberikan solusi. Akhirnya pun kita berteman sebagai sesama asisten praktikum.

Ah, mimpi apa aku semalam Ayu menikah dengan Mas Ari. Dahulu, aku inget betul cerita tentang Ayu dekat dengan siapa, ternyata menikahnya dengan siapa. Kalau di jurusan, diantar beberapa akhwat, Ayu salah satu yang paling dikenal, dia asisten praktikum sejati, dan orangnya supel, hampir setiap lab kenal dia.

Tapi, aku sangat setuju sih, orang baik dengan orang baik. Ya, semoga dilancarkan terus ya...

***

Bicara menikah dengan teman sekampus, belakangan ini aku terhanyut oleh sebuah web yang ternyata ditulis oleh istrinya Ka Bondan, dan ternyata lagi, istrinya mungkin satu angkatan denganku jika ekstensi.

Oh ya, jadi Ka Bondan itu kakak kelas di kampusku, dan istrinya itu anak D3, aku tidak tahu pasti dia lanjut ekstensi ke S1 atau tidak. Tapi, wah keren gaya menulisnya, santai, mengalir, dan penuh makna, dan juga gaya menulisnya kayak mirip seseorang... Aku mungkin sudah hampir baca setahun perjalanan blognya, terlebih tentang perjalanan pernikahannya.

Ceritanya benar-benar bikin mesem-mesem dan ketawa sendiri, mungkin kalau mau tahu nikah syar'i bisa dibaca-baca blognya disini. Tidak hanya bikin mesem-mesem dan ketawa sendiri, tapi benar-benar sebuah perjalanan seseorang yang berusaha menaruh segala harapannya ke Allah, dan tidak pernah letih berdoa.

Dan betul saja, Allah tidak akan pernah mengecewakan setiap hambanya yang berdoa.

“....dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.” (QS. Maryam:04)

Ku belum menghabiskan ceritanya, jadi tidak bisa cerita banyak, tapi ini sungguh cerita yang seru.

***

Terkadang aku heran dengan orang yang benar-benar percaya diri dan bisa bodo amatan. Mungkin karena aku bukan tipikal orang yang begitu, jadi aku bingung sendiri dengan orang-orang yang bisa berbuat segitunya.

Nekat.

Ah mungkin bisa dibilang begitu. Waktu itu aku buka instagram lihat info lomba menulis novelet. Aku baca seksama, terus buka komentarnya. Sebagian besar komentarnya menghujat si pembuat lomba karena hadiahnya cuman pulsa puluhan ribu sama novelnya dicetak sendiri (bukan via penerbit).

Sebagian besar mengutarakan ke kecewaan dengan hadiah yang tak sebanding dengan usahanya. Karena novelet memiliki kriteria yang cukup panjang dan ide tak semudah itu datang. Di tambah menggunakan karakter yang dibuat oleh si pembuat lomba pada cerita wattpadnya.

Si pembuat lomba tapi cukup tahu diri, dia selalu membalas setiap komennya dengan minta maaf karena hadiahnya benar-benar kecil, tapi itu tidak mengurungkan niatnya. Aku benar-benar heran, kok bisa ya? Segigih ini? Apa yang membuatnya bisa seperti ini?

Tak lama ku baca komentar, rupanya lomba novelet ini untuk menjadi kado pernikahannya yang tak lama akan berlangsung. Dia ingin sekali diberi kado sebuah cerita untuknya dengan karakternya. Beberapa orang nyinyir tentang ini. Mereka bilang. "Yang nikah siapa, yang ngasih kado siapa. Hadiahnya kecil banget lagi." Kurang lebih begitu.

Sekali lagi, si pembuat lomba tidak menarik niatnya. Dia justru membalasnya dengan mengiyakan nyinyiran itu dan meminta maaf. Aku pun heran lagi, ah kekuatan dari mana si pembuat lomba ini bisa bersih teguh akan niatnya ini.

Jika aku di posisi dia, pasti aku sudah nge-down dan menarik lomba itu.

Kok bisa ya? Luar biasa, aku cukup salut atas keberanian si pembuat lomba. Semoga dimudahkan pernikahannya ya.

2 komentar:

  1. tulisan di blognya mba elis emang ringan-ringan banget, tapi maknanya banyak. blog favorit tuh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener nan, lagi baca storynya dan lucu sendiri.

      Dan ini taunya dari kamu sih nan. Soalnya follow dia.

      Hapus

komentar bagi yang perlu