Selasa, 02 Oktober 2018

Mengertilah Cinta



Akhirnya MV kedua J-Rocks dari album barunya keluar! Sejujurnya aku tidak terlalu mendengar lagu yang baru dibuatkan MV-nya ini. Padahal aku membayangkan yang akan dibuat MV-nya adalah Lagu Rindu, dari album terbarunya ini, cuman lagu itu yang paling asyik bagiku dan lagunya sangat syahdu...

Tapi, jika dilihat dari dua MV pertama J-Rocks di album ini terasa sangat melow dan sedih sekali, pertama Selamat Jalan tentang perpisahan, dan kedua tentang Mengertilah Cinta seseorang yang kebingungan bagaimana caranya ia dapat mengerti lawannya hingga akhirnya ia gagal dan ditinggalkan, jadi ujungnya perpisahan juga ya. :(

Menariknya, lagu ini lebih terasa nuansa Jepangnya. Terlebih mengambil gambarnya juga di Jepang. Sayangnya masih jadi pertanyaanku, kenapa J-Rocks membuat video klip tuh terasa kurang maksimal, entah dari segi pengambilan gambar, atau story tellingnya, kalau dari lagunya, seharusnya bisa lebih deep dan high lagi kualitasnya. Tapi, tak apa, ini mungkin sudah paling maksimal dari mereka.

Lagu yang terasa Jepang ini tersentak mirip lagunya L'arc~en~Ciel - Niji dibagian ref-nya, namun seperti sebelum-sebelumnya karena band ini memang terinspirasi oleh band Jepang yang satu itu, jadi tak perlulah lagi diperdebatkan.

Nah, jika lagu pertamanya itu benar-benar membawakan suasana perpisahan yang disebabkan oleh kematian yang cukup menyedihkan dan jika dilihat pada video klipnya itu sangat mengajarkan bagaimana sepasang saling mencintai, melengkapi, berjuang bersama, hingga akhirnya ditinggalkan dan tetap setia walau terasa perih setiap mengenang.

Di lagu kedua ini, yang pengen aku highlight sih dari lirik ref-nya, entah kenapa rasanya cukup religi jika diulik. Kalau kata Iman yang menjelaskan liriknya tentang seseorang yang ingin dimengerti tapi sulit mengutarakan yang ada di hatinya. Ini kubaru tahu setelah baca deskripsinya hehe.

Ternyata kurang lebih senada apa yang ada dipikiranku, versi yang kuamati dari awal seseorang yang berusaha mencari tahu, berusaha ngertiin, berusaha membahagiakan, dan semacamnya, tapi ya karena kita itu manusia biasa, kita hanya bisa berusaha untuk semua itu,tapi ternyata tetap tidak saling paham, hingga akhirnya memasrahkan lagi kepada Tuhan yang Maha Sempurna. Nah yang memasrahkan kepada Tuhan yang Maha Sempurna ini yang menarik sih. Karena hanya Tuhan yang Maha Sempurna yang bisa memberikan pemahaman kepada keduanya. Kita tuh hanya manusia biasa... Endingnya disana ditinggalkan deh hiks...

Kalau dilihat dari video klipnya, disini para personel J-Rocks terpisah, Anton, Sony, Wima semua sedang mencari si Iman. Sementara Iman sedang terjebak oleh kisahnya ditengah kesedihan-ditengah salju yang memeluknya dengan dingin.

Di situ Iman diperlihatkan oleh kenangannya berhadapan dengan seorang wanita, di tempat yang sama dia berdiri saat itu. Di kenangannya, Iman berusaha menggapai wanita itu, tapi wanita itu menunduk salam ala Jepang lantar berbalik lalu meninggalkan Iman. Iman masih berusaha meraih punggungnya, tapi semua telah berakhir.

Lalu kembali ke masa sekarang, Iman pun ditemukan oleh ketiga temannya. Iman yang terlihat bersedih, ditepuk bahu oleh teman-temannya lantas berusaha menghibur Iman yang sedang terjebak oleh kenangan itu. Mereka pun pergi, bersama, dengan tawa, dan luka di hati Iman.

Wah, ternyata memang ceritanya sedih juga, jika ditilik video klip dan liriknya, seseorang yang berusaha ngertiin itu telah gagal dan ditinggalkan... Hiks... Lantas, mau bagaimana pun usahanya, hanya Tuhan Yang Sempurna yang menentukan, jika Tuhan berkata tidak, maka bisa apa? Begitupun jika berkata iya.

Jadi penasaran, MV ketiganya lagu apa lagi? Jikalau masih ingin bertemakan kasih sayang, kayaknya Lagu Rindu cocok untuk digarap.

Pada lagu kedua ini entah kenapa kebayang jika yang nyanyi itu Aimer dengan suara tingginya, pasti lebih deep lagi. But, ini udah oke banget, terlebih nuansa lagu dan video ala ala Jepangnya.

Terima kasih J-Rocks telah berkarya lagi dan selalu mengingatkan diriku masa-masa mengharapkan Indonesia bikin animasi lalu opening-endingnya dari J-Rocks. Karena jika dilihat dari lagu jepang, lirik-liriknya tuh nggak melulu soal cinta, jadi keren. Begitupun jika membayangkan lagu-lagu J-Rocks. Terutama yang Meraih Mimpi!

Salam Satu Spirit!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar bagi yang perlu